Sabtu, 23 Juni 2012

Obat Demam Cara Rasul

Sore-sore pulang kuliah, kepala pusing, badan capek, lemah, letih, lunglai, badanku nggreges banget. Badan sedikit panas, tapi rasanya dingin, kepala pusing, blocked nose (irunge mampet), pokoke ora karu karuane pol awake (actually it so complicated). Seperti ada suatu sinyal mau meriang. Langsung aku ambil handuk dan bergegas ke kamar mandi dan papung (take a bath).
Walaupun badan is not delicious, dan air di Malang itu dingin sekali saudara sekalian. Efeknya ketika mandi, tiba-tiba kaki gemetar, lalu pelan-pelan bergetar naik hingga ke kepala, lalu kepala mutar-mutar seperti baling-baling, lalu anda akan terbang sampai ke bulan.
Oke serius, efeknya badan kembali segar. Bagi pria, badan kembali segar bugar nan ganteng bak Raden Arjuna Satriya Madukara keluar dari Barber shop. Bagi wanita, badan kembali segar bugar nan cantik bak Dewi Sembadra keluar dari salon kecantikan.
Hal tersebut sebenarnya sudah dirasa selama dua hari, tapi puncaknya kemarin, yaitu hari kedua.
Kurang dari satu tahun ini, aku mempunyai prinsip baru yaitu:

"Kalau aku sakit, bagaimana caranya aku bisa sembuh tanpa minum obat-obatan baik resep dokter ataupun tidak." 

Sejak hari pertama sampai hari kedua aku mulai kerasan gejala flu, badan aku racuni menggunakan bawang putih. Baca-baca di artikel katanya bawang putih obat flu, langsung aku praktekan. Aku makan mie instan (jangan dicontoh, sangat tidak sehat, tapi terpaksa dari pada makan bawang putih langsung), bawang putih 5 biji aku uleg, aku campur ke kuahnya. Malamnya aku minum wedang ronde yang lewat depan kontrakan.

Besok sorenya demam melanda, hidung mulai rusak. Langsung aku bawa mandi, badan langsung segar, dilanjut aku makan mie instan campur bawang putih lagi (jangan dicontoh lagi, mie instan bisa anda ganti dengan sop sayur yang lebih menyehatkan). Malamnya aku minum wedang jahe. Tidak lupa selama 2 hari aku minum air putih sampe mabok.
Alhamdulillah, hari kedua ba'da Maghrib aku sembuh, dan begadang sampai pagi lembur tugas tanpa halang rintangan dan keluhan masalah demam serta flu satupun.

Analisa:

  1. Bawang putih memang obat manjur untuk penyakit flu. Efek samping mulut anda bau naga, jadi jangan lupa gosok gigi.
  2. Air putih sangat penting. Efek samping pipis terus, tapi bukan masalah, malah sehat.
  3. Jahe juga berperan penting. Badan hangat, dan anda akan merasa lebih prima (sugesti).
  4. Mandi saat anda demam. Ini yang menurutku sangat fenomenal, dan akan saya bahas sedikit dengan sangat sok tahu.
Pernah dengar Hadist riwayat Nabi Muhammad ketika Beliau sakit demam?
Beliau mengutus isterinya untuk mengambilkan sekantung air, lalu Beliau mengguyur air itu ke kepala, setelah itu beliau mandi.
Kata Beliau:

"Sesungguhnya panas demam itu berasal dari api neraka, maka siramlah dengan air".

Saya dengar itu dari sahabat saya yang notabene seorang perawat tapi dia sangat anti dengan obat-obatan. Bertolak belakang dengan profesinya. Dia merekomendasikan aku membaca buku "Rasulullah Is My Doctor" , dan itu menurutku benar-benar bermanfaat bagaimana cara hidup sehat cara Rosul.
Dari situ aku sadar, bahwa apa yang dicontohkan Rosul itu pasti benar, dan sebagai Muslim aku wajib percaya. Ketika aku dan keluargaku praktekan ternyata memang benar.
Mulai dari situ aku mulai anti dengan obat kimia. Lalu aku penasaran dengan habatussauda atau yang lebih dikenal dengan jintan hitam, dimana Hadist riwayat Muslim yang Oke sekali mengatakan:

"Habatussauda adalah obat dari segala penyakit, kecuali mati"

Nah looh,,segala penyakit, jadi kalau anda sakit hati bisa dicoba, dan kalau sembuh kabarin aku.
Masih banyak lagi obat-obatan yang bisa dibilang herbal dan punya khasiat yang mutahir tanpa efek samping seperti madu, minyak zaitun, dan sebagainya. Jadi, untukku pribadi, obat-obatan kimia memang menyembuhkan penyakit yang kita derita, tapi itu akan menimbulkan penyakit lain yang lebih parah. Kalau sudah dicontohkan Rosul, kenapa tidak kita ikuti?? 
Lalu bagaimana dengan anda??



6 komentar:

  1. iyak setuju sekali pap, aku juga mulai meminimalisasi obat kimia, kalau batuk mending minum perasan jeruk nipis campur kecap XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecap manis lebih tepatnya ya,,asal jangan kecap asin :p

      Hapus
  2. Yup. Bener banget Pak. Banyak bahan alami yang disebut di Alquran mungkin bs jadi obat. Madu, susu, kurma, jintan, air,...

    sayang sekarang orang lebih memilih obat kimia..

    :)

    BalasHapus
  3. Mantap dok, rosul adalah utusan dari Allah dan kita sebagai umat muslim harus mengikuti apa yg di sunahkan oleh rosul kita !

    BalasHapus
  4. Aku lagi demam dan terlanjur minum obat kimia(Paracetamol). Terus panasnya turun tapi badan sakit semua , lama-lama panasnya kambuh lagi. Tapi aku TDK menyerah, aku pergi beli susu steril(bearbrand)

    BalasHapus